Wednesday, October 4, 2017

Gigi Berlubang yang Tidak pada Daerah Permukaan

Gigi berlubang merupakan sebuah masalah yang bisa dikatakan cukup banyak ditemukan. Tanda-tanda dari gigi berlubang juga mudah untuk ditebak.

Misalnya :
1. Ngilu bila terkena makanan/minuman yang bersuhu dingin
2. Ngilu bila terkena hembusan angin
3. Nyeri saat malam hari dan saat tubuh lelah


Sakit atau rasa ngilu yang ditimbulkan gigi berlubang dapat menjadi tafsiran seberapa dalam lubang yang terjadi pada gigi. Bukan hanya sekedar tafsiran, namun dokter gigi juga menggunakan cara ini untuk mentukan diagnosa dari pasien. Untuk lebih lengkapnya baca "Sakit Gigi dan Mengetahui Kedalaman Lubang pada Gigi"

Bila saat ini anda merasakan salah satu dari tanda-tanda gigi berlubang di atas, coba anda raba bagian gigi yang sakit dengan lidah atau langsung melihatnya pada cermin. Karies atau lubang gigi sangat mudah untuk dijumpai.

Namun karies tidak selalu terjadi pada permukaan mahkota gigi. Karies dapat terjadi di semua bagian gigi.

Rasa ngilu muncul bahkan nyeri, tapi anda tidak kunjung menjumpai adanya lubang pada permukaan gigi anda. Ketahuilah karies dapat terjadi di semua bagian gigi.

Misalnya :
1. di antara gigi di sela-sela gigi
2. di sisi samping dekat pipi (untuk gigi belakang)
3. di sisi samping dekat lidah,
4. di garis pemisah antara akar dan mahkta gigi,
5. di akar gigi,
6. dan karies yang muncul dari dalam (terlihat berupa titik gelap samar menerawang)


Semua bagian gigi berpeluang terkena karies. Faktor penyebabnya pun sangat beragam, beberapa di antarnya adalah karena penumpukan sisa makanan dan karang gigi.

Karies terjadi karena adanya 4 faktor yang saling berhubungan yaitu : Host-substrat-mikroorganisme-waktu. Apabila salah satunya tidak ada, maka karies tidak akan terjadi. Baca selengkapnya di "Penyebab Gigi Berlubang".

Gigi yang berlubang pada sisi samping biasanya tidak disadari oleh kebanyakan orang, sehingga saat terasa nyeri atau ngilu sering dibiarkan begitu saja sebelum muncul gejala yang lebih serius. Karena terjadi pada tempat yang tidak biasa.

Kebingungan akan membuat orang pergi ke dokter gigi dan mengatakan "gigi saya sakit tapi tidak ada lubang pada gigi saya".

Selain sisa makanan dan karang gigi yang menumpuk, karies pada sisi-sisi samping gigi dapat terjadi karena faktor cara menyikat gigi yang salah dan tekanan yang berlebihan saat menyikat gigi yang mengakibatkan terkikisnya lapisan email gigi. Cara menggosok gigi yang tepat dan aman

Dan penggunaan pasta gigi yang memiliki bahan dengan sifat abrasif (biasanya pada pasta gigi pemutih). Tips memilih pasta gigi.

Apabila setelah membaca artikel ini anda sadar dan menemukan lubang pada bagian samping atau di sisi lain dari gigi anda, maka segeralah lakukan perawatan ke dokter gigi.

Bila lubang menimbulkan gejala berupa ngilu saat terkena makanan atau minuman, perawatan dapat dilakukan dengan sekali kunjungan dan langsung ditambal permanen, serta harga perawatan lebih murah. Namun apabila sudah mencapai rasa sakit pada malam hari dan saat tubuh terasa lelah, maka perawatan akan dilakukan dengan beberapa kali kunjungan dan membutuhkan biaya yang lebih. Baca selengkapnya "Tindakan pada Gigi Berlubang"

Gigi berlubang yang masih bisa diselamatkan sangat tidak dianjurkan untuk dicabut. Karena akan menimbulkan masalah yang baru bagi keadaan gigi.

Kuncinya adalah kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, maka tidak akan terjadi karies pada gigi.


EmoticonEmoticon