Saturday, September 2, 2017

Scaling, Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi

Membersihkan Karang Gigi? Haruskah?


Membersihkan karang gigi memang bukanlah hal yang asing saat ini di telinga kita. Banyak orang yang mulai sadar akan dampak buruk karang gigi, sehingga tidak ada kata tidak peduli dengan adanya karang gigi yang menyelimuti gigi.

Kesadaran untuk membersihkan karang gigi memang sangat perlu ditanamkan mulai dari sejak dini. Karena rongga mulut adalah hal yang sangat wajib dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Sebelum mengetahui cara membersihkan karang gigi yang optimal, mari kita ketahui sekilas tentang karang gigi.


Karang gigi atau yang disebut kalkulus merupakan sebuah kumpulan plak yang mengandung bakteri yang menempel dan mengeras pada gigi, kebanyakan menempel pada permukaan dalam gigi.

Adanya karang gigi adalah suatu tanda bahwa rongga mulut dalam keadaan tidak terjaga dengan baik kesehatan dan kebersihannya. Mengapa ? Karena karang gigi tersusun dari sisa-sisa makanan yang telah menempel lama pada gigi lalu bercampur bersama air liur dan cairan yang dihasilkan bakteri, lengket dan menempel pada gigi. Karang gigi adalah sarang perkembangbiakan bakteri jahat di rongga mulut.

Hal ini akan memicu munculnya kondisi buruk yang lainnya, seperti gigi berlubang, bau mulut, dan Dampak Buruk Karang Gigi lainnya. Karang gigi yang menumpuk serta dibiarkan dan tidak segera dibersihkan dapat menyerang gusi, yang menimbulkan gusi meradang hingga berdarah dan mengurangi perlekatan gigi di gusi yang menyebabkan gigi menjadi goyang.

Mendeteksi adanya karang gigi mudah saja untuk dilakukan. Dapat dilakukan dengan cara melihat melalui cermin atau merasakannya secara langsung dengan lidah. Raba dengan lidah permukaan gigi baik permukaan dalam maupun luar, apabila terasa halus dan licin, pertanda ada karang yang menutupi gigi.

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya karang gigi. Namun dari kesemua faktor yang ada, asalnya dari sebuah kebiasaan buruk si pemilik gigi.
Misalnya :
- Merokok
- Jarang menggosok gigi
- Menggosok gigi dengan cara yang salah
- Mengunyah hanya dengan satu sisi
- Tidak peduli akan kebersihan gigi dan mulut
- dll



Bagaimana Cara Membersihkan Karang Gigi ?



Membersihkan karang gigi tidaklah semudah perkataan iklan-iklan yang sering kita lihat dan kita dengar di media-media pengiklan, seperti : hanya dengan berkumur dengan obat A maka karang gigi rontok seluruhnya, dsb.

Karang gigi dapat dihilangkan dan dibersihkan secara tuntas hanya dengan cara skeling/scaling. Skeling adalah treatment untuk membersihkan karang gigi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti dokter gigi.

Dokter gigi memiliki alat khusus untuk membersihkan karang gigi. Dulu menggunakan alat secara manual yang terlihat menyeramkan dan membutuhkan waktu yang lama. Namun sekarang alat yang digunakan adalah scaler. Scaler ini mirip seperti sikat gigi elektrik yang penggunaannya sangat mudah dan tidak terlihat menyeramkan. Meski terlihat simpel namun scaller ampuh membersihkan karang gigi dengan waktu yang singkat.

Tindakan skeling/scaling sangat bekerja dengan baik untuk membersihkan karang gigi, baik karang gigi yang membandel yang telah mengeras bahkan karang gigi yang sudah parah sekalipun. Karena alat yang digunakan dapat menjangkau sampai kepada sela-sela gigi dan celah yang terbentuk antara gigi dan gusi yang disebabkan oleh karang gigi.

Karang gigi dapat saja lepas dengan sendirinya, namun itu tidaklah secara keseluruhan, hanya serpihan saja akibat dari benturan dan gesekan yang terjadi. Karang gigi yang terlepas sendirinya menandakan kondisi karang gigi sangat banyak.

Pasta gigi dan obat kumur bukanlah obat atau bahan untuk membersihkan karang gigi. Namun kedua hal itu sifatnya adalah hanya untuk mencegah timbulnya karang gigi. Tetapi tetap wajib digunakan. Untuk obat kumur gunakanlah dengan tepat agar dapat mecegah karang gigi dengan maksimal. Artikel cara alami mencegah karang gigi, dapat baca di sini <

Setelah karang gigi dibersihkan, efek yang timbul biasanya ada sedikit perdarahan. Akibat dari karang gigi yang telah menginfeksi gusi dan harus dibersihkan. Lalu efek yang dirasakan adalah gigi terasa berlubang. Mengapa?

Terasa berlubang karena lidah sudah dapat merasakan struktur gigi yang sebenarnya. Sebab biasanya lidah meraba permukaan halus dan licin dari karang yang menempel di gigi.

Waktu yang tepat membersihkan karang gigi atau skeling adalah minimal 6 bulan sekali. Ada atau tidak karang gigi, sebenarnya wajib berkunjung ke dokter gigi. Untuk memeriksakan keadaan rongga mulut secara menyeluruh sebelum timbul kelainan yang mengganggu.

Namun, apabila karang gigi anda sudah menumpuk segeralah ke dokter gigi untuk dilakukang skeling, agar tidak memperburuk keadaan rongga mulut.

1 komentar so far

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami
di http://blackwaletcare.com/wajah-ada-jerawat-batu-atasi-dengan-sabun-black-walet/


EmoticonEmoticon