Tuesday, July 25, 2017

Mengatasi Cegukan Hanya Dalam Hitungan Detik

Semua orang tentu pernah mengalami cegukan. Kondisi ini sering kali terjadi tiba - tiba dan tidak ada yang bisa menduka kapan cegukan akan muncul. Begitu juga hilangnya, tidak dapat  ditebak walau sudah sangat dinantikan. Karena itu cegukan masih dianggap bukan kelaianan darurat yang terjadi pada seseorang bila berlangsung hanya sebentar.


Lain halnya dengan cegukan berkepanjangan yang dapat terjadi berhari-hari. Bila hal ini terjadi, anda patut waspada. cegukan seperti ini bisa dikatakan darurat. Segera berobat ke dokter agar cegukan dapat dihentikan.

Banyak orang yang masih sampai saat ini bertanya-tanya apa "penyebab cegukan" itu. Ada yang beranggapan karena kurang minum sehingga tubuh dehidrasi. Namun kenyataannya tidak selalu begitu. Sampai-sampai saat cegukan muncul, harus minum bergelas-gelas air untuk mengatasinya.

Penyebab Cegukan 


Faktor pemicu yang jadi penyebab munculnya cegukan biasanya karena makan terlalu cepat atau terburu-buru dan karena terlalu kenyang.


Penyebabnya :

Umunya penyebab cegukan muncul berkaitan dengan pola makan. Misalnya makan terlalu banyak, makan dengan terburu-buru, mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol secara berlebih. Selain pola makan, ada hal lain juga yang memicu munculnya cegukan, seperti stress.

Cegukan merupakan efek dari kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba. Dan suara yang muncul adalah karena pita suara yang menutup pada saat kontraksi otot.

Mengatasi Cegukan


Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati cegukan. Namun, saya ingin sharing pengalaman tentang salah satu cara yang selalu saya lakukan untuk menghilangkan cegukan yang saya alami, yaitu:

Bila cegukan muncul, tahan napas 15 - 30 detik saja! Setelah itu bernapaslah seperti biasa, dan cegukan akan hilang tuntas. Tapi apabila cegukan masih muncul, lakukan kembali. Maka cegukan akan teratasi

Cara mengatasi cegukan dengan minum air sudah pernah saya coba, sampai bergelas-gelas saya minum tapi cegukan masih saja dan tidak kunjung berhenti.

Ini merupakan obat cegukan yang paling mujarab untuk cegukan ringan yang tidak darurat.

Cegukan tidaklah selalu tidak berbahaya, ada cegukan yang berbahaya yang berlangsung berhari-hari. Apabila cegukan berlangsung lebih dari 3 jam, anda patut waspada dan sangat perlu penangan lebih lanjut dari dokter.



EmoticonEmoticon