Tuesday, June 13, 2017

Tips Sebelum Pergi ke Dokter Gigi

Setiap orang tentu memiliki rasa kekhawatiran yang berbeda-beda terhadap apa yang akan dialaminya. Seperti halnya bila ingin ke dokter gigi. Masih ada sampai saat ini orang yang cemas bahkan takut pergi ke dokter gigi. Padahal tujuan ke dokter gigi adalah untuk mendapatkan sebuah perawatan. Agar rasa khawatir itu tidak mendominasi pikiran, mari kita persiapkan apa-apa saja yang harus kita lakukan sebelum ke dokter gigi. Agar anak-anak tidak takut ke dokter gigi, baca "Cara Jitu Agar Anak Tidak Takut ke Dokter"

Tips sebelum pergi ke dokter gigi

Mendapatkan suatu tindakan perawatan pada tubuh manapun termasuk gigi, tentu membutuhkan sebuah persiapan agar tujuan dari perawatan itu dapat tercapai dengan baik. Persiapan tidak hanya dilakukan oleh tenaga medis yang akan merawat, tapi penting juga bagi seorang pasien untuk mempersiapkan dirinya sebelum mendapatkan perawatan. Bukan berarti menambah beban sebelum ke dokter gigi, namun menjadi sebuah ancang-ancang bahwa kita siap menerima perawatan dari dokter.

Lakukan hal berikut sebelum ke dokter gigi


Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum pergi kedokter gigi :

1. Makan terlebih dahulu


Mengisi perut terlebih dahulu adalah hal yang mendasar. Tujuan utamanya adalah agar tumbuh mendapatkan tenaga yang prima untuk mengkuti perawatan yang akan diberikan. Dan biasanya setelah perawatan di dokter gigi, baik tambal gigi ataupun cabut gigi selesai, akan dititipkan sebuah pesan oleh dokter. Pesan itu biasanya "Gigi yang dirawat jangan digunakan untuk makan dulu beberapa jam". Tujuannya agar perawatan dapat bekerja pada tubuh dengan baik. Tambalan bisa kuat dan sisa pencabutan tidak langsung terkontaminasi oleh makanan. Maka dari itu, ingatlah makan sebelum ke dokter gigi ataupun ke dokter yang lainnya.


2. Memahami keluhan pribadi


Keluhan atau masalah kesehatan sendiri wajib dipahami. Karena saat tiba di dokter gigi sebelum mendapatkan perawatan, hal yang pertama dilakukan tenaga medis adalah mendiagnosis keluhan pasien. Penting bagi pasien untuk menyampaikan setiap keluhan kesehatan yang dirasakan, agar dokter dapat menemukan sumber permasalahan dan tepat sasaran dalam mengambil tindakan. Bila memiliki penyakit jantung, hipertensi, kelainan darah, hamil, serta penyakit sistemik lainnya, wajib disampaikan. Guna menghindari terjadinya komplikasi.

3. Menggosok gigi


Meskipun jaman sekarang dokter gigi harus memakai masker dalam menangani pasien, tapi untuk menjaga nilai kebersihan pribadi kita, ada baiknya sebelum ke dokter gigi seorang pasien menggosok gigi terlebih dahulu. Agar sisa-sisa makanan di sela-sela atau di lubang gigi hilang dan tidak menimbulkan bau mulut. Cara Menggosok gigi yang Tepat dan Aman


4. Persiapkan uang


Tidak berarti pelayanan yang dilakukan oleh dokter gigi adalah pamrih. Namun lebih kepada menghargai jasa dan tindakan perawatan yang diberikan. Setiap wilayah kabupaten, tindakan dokter gigi memiliki patokan harga yang berbeda, tergantung dari kesepakatan bersama setiap wilayahnya. Namun dalam satu wilayah kabupaten patokan harga dokter gigi adalah sama. Maka dari itu, setelah anda memahami keluhan dan perkirakan tidakan yang akan diterima, persiapkanlah reward bagi jasa tenaga medis yang menindak lanjuti keluhan anda.

5. Jangan membatasi kerja dokter gigi


Percayakan setiap perawatan kepada dokter gigi, jangan sesekali membatasi. Membatasi kerja dokter gigi maksudnya, jangan merasa lebih paham, tapi konsultasikan apa yang anda pahami bila itu berbeda. Dengar terlebih dahulu penjelasan dokter, supaya apa yang tidak anda pahami, menjadi paham. Misalnya, gigi sakit karena berlubang. Biasanya orang datang ke dokter gigi untuk mencabut gigi yang sakit itu, karena beranggapan bahwa masalah akan selesai. Namun apabila lubang kecil dan masih dapat dirawat, dokter gigi pasti akan menyarankan untuk merawat dan tidak akan mencabut gigi itu. Dokter gigi sangat diwajibkan memberikan tindakan yang terbaik bagi pasiennya.

6. Ingat obat yang sedang dikonsumsi


Apabila anda sedang mengkonsumsi obat, misalnya sakit gigi dan minum obat pereda nyeri. Sampaikan nama obat yang kita konsumsi, agar dokter dapat menentukan obat mana yang seharusnya diberikan untuk perawatan selanjutnya.


Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan sebelum pergi ke dokter gigi atau dokter yang lainnya. Tips ini merupakan sebuah tindakan agar anda siap untuk menerima perawatan dari dokter gigi dan tenaga medis lainnya. Supaya tujuan dari tindakan perawatan yaitu kesembuhan dan kesejahteraan pasien dapat tercapai dengan baik.


EmoticonEmoticon