Friday, June 30, 2017

3 Cara Praktis dan Alami Mencegah Bau Mulut

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang kurang percaya diri, salah satunya karena bau mulut. Bau mulut atau istilah kedokterannya yaitu halitosis adalah suatu kondisi dimana mulut mengeluarkan napas dengan aroma yang tidak sedap. Memang bukanlah masalah gawat, namun bau mulut dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain. Tidak mengenal usia bahkan kalangan atas ataupun bawah, semua berpeluang memiliki bau mulut.

Atasi bau mulut

Tentu tidaklah secara tiba-tiba bau mulut itu muncul pada seseorang, pasti sebelum itu ada faktor pemicunya. Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas mengenai "Penyebab Utama Bau Mulut". Tidak semata-mata terjadi gangguan pada mulut saja, namun bau mulut dapat pula timbul karena permasalahan yang terjadi pada organ pencernaan dan pernapasan dalam.

Mendeteksi bau mulut


Sebelum kepada cara mengatasi bau mulut, terlebih dahulu pahami cara mengetahui apakah diri anda memiliki napas yang bau atau tidak. Mungkin anda pernah mencoba menghembuskan napas pada telapak tangan lalu menghirupnya, tinggalkan! itu cara yang salah.

Untuk memastikan bau atau tidak napas dari mulut anda, lakukan cara berikut :

> Jilat telapak tangan anda, lalu tunggu hingga air liur mengering.
> Setelah kering, barulah anda coba hirup atau cium aromanya.

Cara alami mencegah bau mulut


Bau mulut tidak akan timbul kuncinya adalah tetap menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan rongga mulut. Namun tidaklah mudah untuk melakukan dua hal itu. Maka dari itu, agar bau mulut tidak hinggap pada kita, atau bahkan sedang mengalami bau mulut dan ingin menghilangkannya, saya akan membagikan beberapa tips alami serta mudah untuk dilakukan dan ampuh untuk mengatasi permasalahan bau mulut.

A. Menjaga secara optimal kebersihan rongga mulut.


Selama ini bila membersihkan mulut dengan asal-asalan dan menyikat gigi kalau ingat, hentikan! Jaga kebersihan rongga mulut dengan cara :

1. Gosok gigi minimal dua kali sehari dengan tehnik dan cara yang tepat dan aman (klik disini!).

2. Jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah setelah menggosok gigi. Selesai menggosok gigi, gosok lidah 1-2 kali saja, dengan catatan bulu sikat mengenai seluruh permukaan lidah.

3. Bila menggunakan gigi palsu, lepas dan bersihkan gigi palsu secara rutin minimal sehari sekali. Agar tidak terjadi penumpukan kotoran pada gigi palsu

4. Cek keadaan gigi dan karang gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali. Gigi berlubang dan karang gigi akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

B. Hindari makanan dan minuman pemicu bau mulut


Banyak makanan dan minuman yang dapat menimbulkan bau mulut, seperti pete, jengkol, bawang dan masakan-masakan yang memiliki aroma yang menyengat. Begitu juga kurangi dan hindari merokok dan minuman beralkohol.

C. Konsumsi yang sehat


1. Selalu konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bervitamin yang baik bagi tubuh. Terutama sayur-mayur dan buah-buahan.

2. Minum cukup air putih minimal 8 gelas sehari, agar tubuh tidak sampai kekurangan cairan. Pada saat baru bangun tidur, sangat disarankan minum segelas air putih terlebih dahulu agar bau mulut hilang.

3. Rutin mengunyah permen karet yang rendah gula. Karena permen karet dapat membantu membersihkan mulut dari kotoran. Baca selengkapnya mengenai manfaat permen karet bagi kesehatan gigi di sini.


Itulah 3 tips sederhana dan mudah yang dapat anda terapkan agar bau mulut tidak menjangkiti mulut anda. Apabila saat ini anda mengidap bau mulut, ketahui penyebabnya dan segera atasi bila perlu konsultasikan ke dokter, supaya mendapatkan penangan yang tepat.


EmoticonEmoticon