Thursday, May 11, 2017

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

Sakit gigi adalah suatu hal yang sangat mengganggu saat hendak berakfitas maupun saat sedang melakukan aktifitas. Melakukan kegiatan apa pun terasa enggan untuk dilakukan, sehingga banyak pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan menjadi terbengkalai begitu saja. Perasaan pun tidak dapat kita kendalikan berubah menjadi sangat sensitif dan mudah tersinggung. Banyak efek samping yang terjadi oleh karena hanya sakit gigi saja.


Pada pembahasan sebelumnya yaitu "Pertolongan Pertama pada Sakit Gigi" itu dapat dilakukan apabila kita mengalami sakit gigi biasa. Lalu bagaimana halnya dengan sakit gigi disertai pembengkakang dan bernanah pada gusi? Manifestasi yang ditimbulkan jauh lebih ekstrim dari sakit gigi biasa. Gigi yang berada pada gusi yang bengkak biasanya menimbulkan sakit apabila ditekan dan sangat sensitif terhadap rangsangan panas dan dingin. Ini terjadi karena adanya infeksi di dalam gusi tersebut, untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab dan gejalanya dapat dibaca pada artikel "Penyebab Gusi Bernanah dan Bengkak"


Bagaimana Cara Pengobatanya?


Pengobatan untuk langsung menghilangkan penyebab dari bengkak dan nanah itu adalah pergi ke dokter gigi. Dokter gigi akan menghilangkan penyebab serta melakukan terapi penyembuhan pada jaringan yang terinfeksi dan daerah gusi yang mengalami pembengkakan dan bernanah.


Apabila anda sudah tidak tahan dengan rasa nyeri yang ditimbulkan, lakukanlah beberapa cara berikut ini untuk meredakankan rasa nyeri untuk sementara. Ingat cara ini meredakankan rasa nyeri hanya untuk sementara. Karena bukanlah pengobatan langsung kepada sumber penyakit, namun hanya sebagai obat pereda nyeri. Caranya adalah :

1. Minum obat pereda nyeri (analgesik)



Minumlah obat pereda rasa nyeri secukupnya dan minumlah saat timbul rasa nyeri saja. Obat pereda nyeri yang mudah didapat di apotek misalnya : asam mefenamat, paracetamol, kataflam, ibuprofen, dll.


2. Minyak cengkeh


Gunakan minyak cengkeh dengan cara mengoleskan pada permukaan gusi yang bengkak. Penggunaan 3 kali sehari dapat meredakan rasa nyeri.

3. Air Garam


Berkumurlah dengan air garam hangat. Membuat larutan garam ini cukup mudah. Tuangkan satu sendok garam dapur ke dalam se-gelas air hangat, satu gelas air hangat kira-kira 200ml, lalu aduk sampai garam menjadi larut.


Sakit gigi yang sudah menyebabkan gusi bengkak dan bernanah jangan dianggap sepele. Segeralah pergi ke dokter gigi untuk menghilangkan sumber penyebab dan mendapat perawatan yang optimal pada jaringan yang telah terinfeksi. Jangan sesekali andalkan obat pereda nyeri sebagai senjata pamukas pada sakit apapun, karena apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping. Dan pencegahan sangat diperlukan, berupa menjaga kebersihan rongga mulut. Caranya mudah dan dapat dibaca pada artikel "Cara Paling Mudah Merawat Kesehatan Gigi"


EmoticonEmoticon