Wednesday, May 31, 2017

Cara Menggosok Gigi yang Tepat dan Aman


Membersihkan rongga mulut termasuk gigi adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, karena peran gigi dalam rongga mulut sangat penting bagi kehidupan manusia. Membersihkan gigi tujuannya menjaga agar gigi tetap sehat dan bersih sehingga tetap dapat berfungsi dengan baik untuk mengunyah.

Cara paling tepat membersihkan gigi adalah dengan menggosok gigi. Ada banyak cara untuk membersihkan gigi baik alami maupun dengan obat kumur, namun menggosok gigilah cara terbaik membersihkan gigi, karena dapat menjangkau keseluruh bagian gigi.

Menggosok gigi tidaklah hal yang baru di telinga kita, karena dari sejak masih anak-anak telah diajarkan dan diwajibkan untuk menggosok gigi dengan teratur. Namun masih banyak orang menggosok gigi dengan cara yang salah.

Cara menggosok gigi yang salah


Menggosok gigi banyak cara dan tekniknya. Untuk menghindari hal yang buruk, mari ketahui cara menggosok gigi mana yang salah dan mana cara menyikat gigi yang benar.

Menggosok gigi yang salah adalah dengan cara menggosokan permukaan samping gigi dengan gerakan maju - mundur horizontal. Gerakan ini akan mengenai permukaan gigi serta gusi yang menutupi bagian akar gigi. Sehingga lambat laun gusi yang seharusnya menutupi permukaan akar gigi akan mengalami resesi. Resesi ginggiva (gusi) maksudnya adalah gusi akan turun menuju arah akar gigi karena trauma, sehingga bagian gigi yang seharusnya tertutup oleh gusi menjadi terbuka, lalu timbulah masalah.


Bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar ?


Sebelum kepada cara menggosok gigi, pilihlah sikat gigi yang baik untuk digunakan serta pasta gigi yang mengandung bahan yang dibutuhkan oleh gigi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

Banyak cara menggosok gigi yang benar. Salah satu cara yang benar dan aman bagi gigi dan gusi sekitarnya yang akan saya paparkan lengkap beserta gambarnya, adalah sebagai berikut :


1. Permukaan luar gigi


Penggang sikat gigi dengan sudut kemiringan 45 derajat. Letakan permukaan bulu sikat pada gusi. Lalu gerakkan sikat ke arah mahkota gigi dengan gerakan setengah memutar dan satu arah, jangan bolak balik! Lakukan 8 kali setiap permukaan luar gigi kedua rahang dengan tekanan yang ringan.





2. Permukaan kunyah


Permukaan kunyah gigi digosok dengan cara horizontal maju - mundur (dua arah) sebanyak 8 kali baik di rahang atas maupun di rahang bawah.







3. Permukaan dalam gigi


Permukaan dalam gigi yang berada di sebelah kiri dan kanan lakukan seperti gerakan menggosok permukaan luar gigi. Untuk permukaan dalam gigi bagian depan, letakkan sikat gigi pada gigi dengan posisi lurus kedepan. Gosok gigi dengan gerakkan menarik sikat ke depan secara satu arah, jangan bolak balik! Lakukan 8 kali dengan tekanan yang ringan.




4. Permukaan lidah

Permukaan lidah sering dilupakan untuk dibersihkan. Gosok lidah dengan permukaan sikat dengan lembut dan tekanan ringan sekali saja.

5. Berkumur

Berkumurlah sekali saja atau sekedar membilas busa pasta gigi yang ada. Agar kandungan flouride pasta gigi tidak larut.


Urutan menggosok gigi tidaklah selalu atau wajib seperti di atas, namun cara dan tekniknyalah yang wajib diikuti.

Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi minimal 3 menit tiap kali menggosok gigi dan jangan menggosok gigi lebih dari 3 kali dalam sehari. Menggosok gigi yang berlebihan dapat membunuh bakteri baik di dalam mulut. Berikan tekanan yang ringan agar tidak melukai gusi di sekitar gigi.


EmoticonEmoticon