Saturday, April 29, 2017

Dampak Buruk Mengunyah dengan Satu Sisi

Mengunyah adalah aktivitas pokok yang hampir pasti dilakukan manusia setiap hari. Karena apapun makanan yang akan dimakan harus melalui proses pengunyahan di dalam mulut terlebih dahulu. Permasalahan gigi dapat terjadi akibat dari cara pengunyahan yang salah. Pengunyahan yang salah yang sering terjadi pada masyarakat kebanyakan adalah mengunyah makanan hanya menggunakan satu regio/sisi saja secara terus menerus. Sebelum lanjut, adakah pembaca saat ini yang memiliki kebiasaan demikian? Stop kebiasaan itu!



Mengunyah dengan sebelah sisi biasanya terjadi karena sisi yang lain mengalami permasalahan. Beberapa diantaranya adalah karena bila dipakai mengunyah akan terasa sakit dan ngilu, atau timbul rasa kurang nyaman saat dipakai untuk mengunyah. Ada juga yang memiliki alasan karena sudah terlanjur dan menjadi kebiasaan mengunyah pada satu sisi saja, misalnya sisi kiri atau kanan saja, tanpa adanya kelainan. Hal ini sudah terbukti akan menimbulkan masalah bagi keadaan gigi-gigi anda. Baik itu pada gigi yang sering digunakan untuk mengunyah atau yang tidak pernah digunkan untuk mengunyah.

Masalah yang akan ditimbulkan :


1. Penumpukan karang gigi


Pada bagian gigi yang jarang atau tidak pernah digunakan untuk mengunyah akan terjadi penumpukan karang gigi. Karena proses mengunyah juga dapat membantu membersihkan gigi secara langsung.

2. Karies / lubang gigi


Setelah penumpukan karang gigi terjadi, akibat yang akan ditimbulkan oleh karang gigi itu adalah membuat gigi menjadi berlubang oleh karena bakteri yang terkandung di dalam karang gigi tersebut. Sehingga tidak disadari gigi akan terasa ngilu bahkan terasa sakit apabila lubang gigi sudah mencapai dentin bahkan saraf gigi.

3. Wajah tidak simetris (asimetris)

Otot dari gigi yang sering digunakan untuk mengunyah akan lebih tebal dari otot gigi di sisi lain. Tebalnya otot disatu sisi akan menyebabkan bentuk wajah tidak simetris.

4. Sakit kepala sebelah / migrain


Otot gigi yang tidak simetris dapat menyebabkan gangguan pada sendi temporo mandibular joint. Gangguan sendi otot inilah yang nantinya akan menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain.



Maka dari itu sangat disarankan mengunyah dengan menggunakan kedua sisi secara bergantian. Mengunyah juga akan membantu membersihkan rongga mulut dari kotoran, karena mengunyah memiliki sifat self cleansing. Kunyahan akan memproduksi air liur di dalam mulut dan air liur inilah yang akan melawan bakteri-bakteri jahat di dalam mulut. Bila hanya mengunyah satu sisi saja, maka sisi itu sajalah yang akan bersih dan sisi lainnya menjadi sarang bakteri.

Bila gigi anda mengalami gangguan sehingga mengunyah menggunakan satu sisi saja, segeralah pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan dan mengatasi masalah tersebut. Agar tidak muncul masalah berikutnya pada gigi anda.


EmoticonEmoticon