Friday, March 10, 2017

Waktu Pertumbuhan Gigi Permanen

Gigi permanen manusia akan tumbuh bila kedua rahang sudah cukup memberi tempat untuknya. Tandanya dapat dilihat dari permukaan gusi anak-anak akan terlihat samar-samar putih seperti gigi dan gigi susu mulai goyang. Jangan biarkan gigi susu masih ada, ketika gigi permanen sudah tumbuh hampir sempurna, karena dapat menyebabkan gigi permanen salah posisi. Tapi jangan juga mencabut gigi susu, bila gigi permanen belum menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh, hal itu dapat mengakibatkan gigi permanen kehilangan arah tumbuh yang tepat. Karena gigi susu juga menjadi sebuah jalan bagi gigi permanen yang akan tumbuh. 

Gigi permanen berjumlah 32 buah. Di rahang atas 16, begitu juga 16 di rahang bawah. Yang terdiri dari 8 insisivus ; 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah , 4 gigi caninus ; 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah, 8 gigi premolar ; 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah, dan 12 gigi molar ; 6 di rahang atas dan 6 di rahang bawah. Berikut ini tabel waktu pertumbuhan gigi sesuai yang penulis kutip dari buku “Anatomi Gigi” yang ditulis oleh drg. Ny. Itjingningsih W.H.


Insisivus 1
Insisivus 2
Caninus
Premolar 1
Premolar 2
Molar 1
Molar 2
Molar 3
Rahang Atas
7-8 Tahun
8-9 Tahun
11-12 Tahun
10-11 Tahun
10-12 Tahun
6-7 Tahun
12-13 Tahun
17-21 Tahun
Rahang Bawah
6-7 Tahun
7-8 Tahun
9-10 Tahun
10-12 Tahun
11-12 Tahun
6-7 Tahun
11-13 Tahun
17-21 Tahun

                                      

Jadi urutan pertumbuhan gigi permanen adalah :


   1. Gigi M1 atas dan bawah, dan gigi I1 bawah
   2. Gigi I1 atas dan gigi I2 bawah
   3. Gigi I2 atas
   4. Gigi C bawah
   5. Gigi P1 atas
   6. Gigi p1 bawah dan P2 atas
   7. Gigi C atas dan P2 bawah
   8. Gigi M2 bawah
   9. Gigi M2 atas
   10.Gigi M3 atas dan bawah

Tabel di atas merupakan tabel menurut teori yang ada. Tidak menutup kemungkinan bila gigi permanen tumbuh di luar waktu seperti di atas, namun biasanya berkisar pada waktu teori.

Gigi molar 1 atau gigi geraham 1 adalah gigi yang paling pertama tumbuh di umur 6 tahun. Oleh orang tua biasanya disangka gigi ini dapat kembali mengalami pergantian, sehingga para orang tua tidak begitu memperhatikan gigi ini pada anaknya. Padahal sebenarnya ini merupakan gigi yang sudah permanen dan harus dijaga, karena perannya yang sangat penting. Beruntunglah bila gigi geraham 1 ini tidak rusak dan lubang, bila sudah rusak dan pada akarnya terdapat abses/infeksi yang parah, maka gigi itu harus dikorbankan, sehinggan selanjutnya tidak lagi memiliki gigi geraham ini. Gigi molar tiga atau si gigi bungsu, akan tumbuh paling akhir, dan ini merupakan gigi yang akan paling dirasakan pertumbuhannya. Biasanya orang yang mengalami pertumbuhan gigi terakhir ini, akan mengalami sakit yang lumayan, sehingga dibutuhkan sedikit obat pereda nyeri. Namun semua itu adalah hal yang normal.


EmoticonEmoticon