Friday, March 24, 2017

Tips Memilih Pasta Gigi

Saat ini telah banyak tercipta berbagai jenis dan merk pasta gigi dengan kandungan dan ciri khasnya masing-masing. Berbagai macam cara penawaran dan promosi dilakukan oleh pihak produsen agar produknya diminati masyarakat. Baik itu dijanjikan mencegah gigi berlubang, melindungi gigi dari serangan bakteri, atau dapat memutihkan gigi dengan instan. Tentu dengan seperti itu malahan membuat para konsumen yaitu kita menjadi bingung. Bingung menentukan yang sesuai dengan kebutuhan gigi kita. Pada artikel kali ini, saya akan memeberikan tips agar kita semakin pintar menentukan pasta gigi yang benar-benar dibutuhkan bagi gigi. Dan selain itu juga saya akan sedikit membahas tentang cara yang tepat dalam pemaikaiannya. 


Pasta gigi yang baik bagi kesehatan gigi kita adalah :


1. Mengandung flouride


Flouride adalah kandungan dalam pasta gigi yang berfungsi dalam membantu proses remineralisasi email. Maksudnya, email yang mengalami penurunan kepadatan atau pengurangan lapisannya, akan dibantu proses pemulihannya oleh zat flouride ini. Menurut Academy of General Dentistry, menggosok gigi dengan pasta gigi ber-fluoride dua kali sehari bisa mengurangi kerusakan gigi hingga 40 persen.


2. Sedikit mengandung detergen


Dapat dikatan seperti itu. Karena detergen yang terdapat di pasta gigi fungsinya hanya memproduksi busa. Belakangan ini dilaporkan bahwa pasta gigi yang memiliki kandungan detergen yang terlalu banyak dapat menyebabkan sariawan.

3. Memiliki kandungan anti bakteri


Kandungan anti bakteri yang biasanya terdapat pada pasta gigi adalah triclosan. Juru bicara FDA, Andrea Fischer, mengatakan pasta gigi yang mengandung triclosan telah "terbukti" efektif mengurangi plak dan radang gusi. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa pasta gigi dengan triclosan lebih efektif mengurangi plak dan radang gusi dibanding yang tidak memiliki triclosan, dikutip dari healthliputan6com.

4. Pemutih gigi tidak terlalu penting


Sebenarnya kandungan yang dimaksud bukanlah untuk memutihkan gigi. Namun fungsi sebenarnya adalah untuk menhilangkan noda yang terjadi pada gigi. "Pasta gigi dengan pemutih mengandung 'pengampelas' ringan untuk membantu menghilangkan noda di permukaan gigi," kata Clifford Whall, PhD, Direktur American Dental Association (ADA) Seal of Acceptance Program. Dikutip dari femalekompascom.


Setelah mengetahui kandungan pasta gigi yang baik. Sekarang penting untuk diketahui untuk pemakaiannya. Pasta gigi dipakai dan dioleskan pada sikat gigi cukup hanya sebesar biji jagung atau biji kacang tanah saja. Menjaga agar kandungan didalam pasta gigi cukup untuk gigi dan dapat bekerja secara efektif. Karena bila berlebih, malah membuat masalah pada gigi. Jangan tirukan hal yang biasa diperlihatkan pada iklan-iklan pasta gigi, yang menggunakan pasta gigi hingga menutupi semua permukaan bulu sikat.


Hal yang tidak kalah pentingnya, bedakan pasta gigi anak dan orang dewasa. Apa yang saya tuliskan di atas merupakan kandungan pasta gigi yang baik gigi dewasa. Karena pasta gigi yang digunakan untuk anak dan dewasa berbeda. Perbedaannya terletak pada kandungan fluoride-nya. Pasta gigi yang aman untuk anak-anak mengandung fluoride sebanyak 250-500 ppm, dengan catatan jangan sampai tertelan oleh anak. Sedangkan untuk dewasa kandungan fluoride maksimum adalah 1000 ppm.

Baca Juga :
                   1. Menjaga Kebersihan dan Penggantian Sikat Gigi
                   2. Cara Memilih dan Menggunakan Obat Kumur yang Baik
                   3. Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi


EmoticonEmoticon