Wednesday, March 8, 2017

Penyebab Utama Bau Mulut

Salah satu fungsi bibir atau mulut adalah untuk bicara. Bicara mengeluarkan kata-kata dan tentu udara untuk menghantar kata-kata itu sampai ke telinga pendengar. Udara yang keluar dari dalam mulut juga tak bisa dihindari dapat tercium oleh indra pencium yaitu hidung. Biasanya orang yang sedang kita ajak bicara atau kita sendiri sebagai pendengar tentu akan merasakan dan mencium udara atau hembusan napas yang keluar dari mulut si pembicara. Bila napas yang keluar dari mulut itu memiliki aroma yang tidak sedap dan menyengat, tentu akan mengganggu si pendengar. Bila si pendengar terganggu akan napas si pembicara, si pendengar akan memberi kode atau sedikit memunculkan perasaanya, sehingga membuat si pembicara tahu bahwa napasnya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Napas bau yang keluar dari bibir kita sangat membuat kita terganggu dalam menjalani setiap aktifitas kita, karena kita tidak bisa lepas dari yang namanya berkomunikasi. Bila anda pernah mengalami hal tersebut, taukah anda apa penyebabnya?



Napas yang bau merupakan tanda bahwa rongga mulut sedang tidak sehat. Tidak hanya karena setelah memakan makanan atau menegak minuman yang memiliki aroma yang menyengat saja. 


Bau mulut dapat timbul karena beberapa hal berikut, yaitu :


1. Penumpukan bakteri pada rongga mulut, baik pada gigi, gusi, dan lidah. 


Penumpukan bakteri itu disebabkan karena penurunan kadar saliva (air liu) yang berfungsi membersihkan bakteri-bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Kondisi ini disebut dengan xerostomia. Selain karena penurunan kadar saliva, penumpukan bakteri juga dapat disebabkan oleh aktivitas pernapasan melalui mulut bukan dari hidung, yang menyebabkan mulut menjadi kering.


2. Bau mulut juga timbul karena konsumsi obat-obatan tertentu.


3. Merokok.


4. Karang gigi.


Karang gigi yang menumpuk juga dapat menjadi penyebab munculnya bau pada napas. Karena karang gigi mengandung, sisa-sisa makanan, bakteri, dan zat-zat lain.


5. Kebersihan rongga mulut yang tidak baik. 


Di dalam rongga mulut terdapat berbagai macam bakteri dan menjadi tempat utama makanan dan minuman masuk. Bila kebersihan mulut tidak dijaga, tentu sisa sisa makanan dan bakteri – bakteri akan menguasai rongga mulut, sihingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

6. Ada kelainan dalam rongga mulut.


Bisa jadi sariawan, gigi berlubang, lesi-lesi pada gusi, dll.


7. Masalah pada lambung dan usus (gastrointestinal).


Bila tidak ditemukan adanya kelainan yang menimbulkan bau yang tidak sedap pada rongga mulut, bisa jadi penyebabnya adanya masalah pada pencernaan baik itu pada lambung maupun usus. Misalnya infeksi pada usus dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Itulah beberapa penyebab yang umumnya terjadi pada orang yang memiliki bau mulut yang tidak sedap. Disinilah pentingnya kita menjaga kebersihan rongga mulut. Agar aktifitas kita sehari-hari tidak terganggu.


EmoticonEmoticon