Tuesday, March 7, 2017

Gigi Bisa Sebabkan Sakit Kepala


Sakit kepala biasanya timbul karena kurangnya istirahat dan bisa juga terjadi karena tegang. Sakit kepala sering kali mengganggu aktifitas yang ingin kita lakukan. Bila penyebab sakit kepala seperti itu pengobatannya dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup (7-8 jam/hari) dan atau minum obat pereda rasa nyeri. Setelah dilakukan pengobatan demikian biasanya sakit kepala dapat segera hilang. Tapi pernahkah anda mengalami, sakit kepala yang anda alami terjadi berulang-ulang? Meskipun sudah beristirahat yang cukup dan minum obat, tapi tetap timbul sakit kepala. Hal ini tentu membuat anda bingung dan timbul berbagai macam sangkaan “apa sih penyebabnya?”. Pada artikel kali ini, saya akan membahas penyebab sakit kepala yang terjadi berulang-ulang, yang biasanya berupa migrain atau sakit kepala sebelah.

Sakit kepala memang banyak penyebabnya, baik yang terjadi sekali atau pun berulang-ulang kali. Bila anda salah satu yang sering mengalami sakit kepala yang berulang-ulang kali terjadi, bisa jadi penyebabnya adalah gigi anda. Coba anda lihat dan periksa gigi anda, adakah kelainan yang anda rasakan? Tapi, gigi yang bagaimana dapat menyebabkan sakit kepala? Jawabannya adalah gigi bungsu atau gigi geraham yang paling belakang yang tumbuh paling terakhir, dalam bahasa kedokterannya adalah molar ketiga.

Baca Juga :
                    1. Pertolongan Pertama pada Sakit Gigi
                    2. Tidak Dianjurkan Cabut Gigi Bila


Gigi molar tiga ini dapat menyababkan sakit kepala yang berulang-ulang, bila tumbuh tidak sempurna. Tumbuh tidak sempurna dalam artian terjadi impaksi. Gigi impaksi adalah suatu keadaan dimana benih gigi atau gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya, sehingga menyebabkan gigi tidak dapat keluar atau tumbuh tidak sempurna. Biasanya akan tumbuh dengan posisi yang miring ke arah gigi di depannya.

Gigi molar tiga ini tumbuh paling terakhir biasanya pada usia 17-24 tahun. Pertumbuhan gigi ini tidak dapat kita tentukan jalan dan arah pertumbuhannya. Ada yang tumbuh dengan normal, tapi kebanyakan tumbuh miring yang dapat mengakibatkan sakit kepala yang timbul berulang ulang biasanya berupa migrain. Dokter Muliani Sukiman mengatakan “Gejala yang dapat timbul adalah nyeri pada gusi dan rahang, sakit kepala, hingga nyeri pundak dan leher. Sakit kepala yang Anda alami dapat saja berkaitan dengan impaksi gigi yang terjadi”. 

Gigi impaksi bukanlah penyebab utama terjadinya sakit kepala yang berulang, tapi merupakan salah satu penyebabnya. Tidak selalu menyebabkan sakit kepala, tergantung dari pertumbuhannya. Dan tidak selalu terjadi pada gigi geraham paling akhir, namun dapat juga terjadi pada gigi yang lain. Bila benar sakit kepala anda karena gigi yang impaksi, pergilah dan periksakanlah ke dokter gigi, bukan dokter umum, karena dokter umum nantinya juga akan menyarankan anda pergi ke dokter gigi. Untuk menghilangkannya secara sementara anda dapat meminum obat pereda nyeri. Tapi jangan terus menerus, karena obat juga memilki efek samping.


EmoticonEmoticon