Saturday, March 18, 2017

Cara Alami Mencegah Karang Gigi

Seperti ungkapan yang biasa kita dengar yaitu “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Tidak ada yang lebih baik dari mencegah, bila tidak ingin mendapatkan masalah, dalam hal ini masalah pada rongga mulut. Berhubungan dengan mencegah pada artikel saya kali ini, saya akan membagikan tentang cara alami dan mudah untuk mencegah timbulnya karang gigi. Tentu banyak orang saat ini melakukan berbagai cara agar si karang gigi tidak menempel pada gigi kita. Agar cara yang kita lakukan makin pasti hasilnya, mari kita simak.



Karang gigi merupakan plak yang telah mengeras. Jadi untuk mencegahnya kita harus menyingkirkan plak itu dari gigi kita sebelum ia mengeras. 

Bagaimana cara alami mencegah karang gigi?


1. Menggosok gigi


Tidak heran mengapa setiap artikel-artikel kebersihan gigi dan mulut mengajurkan untuk rajin menggosok gigi. Karena menggosok gigi merupakan cara yang terbaik untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan kotoran agar tidak menempel pada gigi. Membersihkan gigi wajib dilakukan secara rutin, minimal 2 kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride


Tidak hanya membantu proses remineralisasi email pada gigi, flouride juga mampu mencegah timbulnya plak.

3. Mengkonsumsi buah & sayuran


Salah satu makanan yang dapat mengatasi plak pada gigi adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Karena pada buah dan sayur terdapat vitamin yang bermanfaat bagi produksi air liur, sehingga air liur dapat berfungsi dengan baik sebagai pelindung gigi. Bila anda benar-benar memiliki komitmen untuk mencegah karang gigi, rutinlah mengkonsumsi buah dan sayuran. Karena selain itu dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Berkumur dan gunakan dental floss setelah makan


Hal yang paling sederhana dilakukan untuk mencegah plak adalah dengan berkumur. Agar sisa-sisa makanan dapat larut dan tidak mengendap di permukaan gigi. Dental floss berguna untuk memastikan agar tidak ada makanan yang terselip di sela-sela gigi. Sangat lebih baik menggunakan dental floss dari pada tusuk gigi.



5. Minum air putih


Minum air putih yang bersih dan terbebas dari kapur. Air putih yang kita minum tidak akan meninggal noda pada gigi. Seperti halnya minum kopi atau pun teh, yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Jadi minum air putih secara teratur sangat baik untuk mencegah timbulnya plak dan berguna juga bagi kesehatan tubuh kita.

6. Berkumur dengan obat kumur alami


Obat kumur alami misalnya dengan air garam atau air daun sirih.

7. Jangan Merokok


Merokok terbukti meningkatkan resiko pembentukan plak gigi.

8. Periksakan ke dokter gigi


Sangat disarankan agar tiap-tiap orang untuk memriksakan keadaan rongga mulutnya tiap 6 bulan sekali. Baik ada keluhan maupun tidak. Seperti ukapan di awal artikel tadi, ke doter gigi tanpa keluhan tujuannya adalah melakukan pencegahan.


Baca Juga :
                    Cara Aman Atasi Bibir Kering


Itulah beberapa cara alami dan mudah mencegah karang gigi. Tapi sebelum anda mencegahnya sebaiknya anda memeriksakan keadaan gigi anda, bila ada karang gigi, bersihkan dahulu ke dokter gigi, barulah anda dapat menerapkan cara pencegahannya. Sedikit informasi mengenai pembersihan karang gigi yang saya kutip dari jawaban dr. Andika Surya Atmadja pada forum diskusinya.


“Hingga saat ini, belum ada obat alami untuk menghilangkan karang gigi (jangan percaya dengan promosi produk-produk herbal yang dapat menghilangkan karang gigi). Menghilangkan karang gigi harus dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan scaling. Karang gigi ini perlu dibersihkan karena merupakan sumber infeksi dan dapat mengganggu kesehatan gigi dan gusi.”

2 komentar

makasih,sangat bermanfaat. :)

mantap gan...bagus nih biar gk ada karanng gigi


EmoticonEmoticon