Sunday, February 5, 2017

Pertolongan Pertama Pada Sakit Gigi

Pernahkan anda saat sedang berlibur ke luar kota merasakan sakit gigi? Tentu sangat mengganggu bukan? Saat harusnya kita menikmati waktu santai dan terbebas dari aktivitas kita biasanya, tapi harus merasakan sakit gigi yg membuat semuanya buyar berantakan.







Kali ini saya akan memberikan solusinya. Yaitu, 

Pertolongan pertama pada sakit gigi menyerang 

 Ada beberapa hal yg bisa anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi dan menunda liburan anda. Spesialis bedah mulut dan maksilofasial : drg. Dhanni Gustiana Sp.BMM , Mengatakan sering menjumpai pasien yg sudah mengobati sendiri sakit giginya sebelum ke dokter gigi. Dan umunya obat yg digunakan adalah jenis obat antibiotik. Seringkali obat tersebut dipakai tidak sesuai dosis pemakaian yg tepat. Sehingga kemungkinan dapat menyebabkan bakteri itu kebal nantinya. "Tidak semua sakit gigi perlu antibiotik, Hanya yg sudah pasti infeksi saja yg memerlukan antibiotik. Sebisa mungkin hindari penggunaan antibiotik yg tidak perlu," saran drg Dhanni.

Bila anda sedang bepergian atau akan bepergian hendaklah memeriksakan kesehatan gigi dan tubuh anda sebelum berangkat. Agar tidak terjadi hal yg membuat kesehatan anda terganggu saat anda menikmati liburan. Dan beberapa tips dari saya untuk anda yg mengalami sakit gigi ketika bepergian.


1. Minum Obat Pereda Nyeri


Obat pereda nyeri bisa jadi pengobatan sementara pada sakit gigi anda. Misalnya : paracetamol, Asam Mefenamat, Kataflam, dll. Minumlah saat merasakan sakit saja dan jangan berlebihan. Tapi ingat jangan jadikan andalan untuk atasi sakit gigi.

2. Kumur Air Garam Hangat


Garam diketahui mengandung antiseptik alami yg bisa membantu membunuh bakteri. Kumur dengan air garam hangat bisa meredakan sakit gigi dan membuat lebih nyaman.

3. Minum Multivitamin


Multivitamin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri yg menyebabkan infeksi.

4. Posisi Tidur


Semua sakit tentu membutuhkan istirahat, termasuk sakit gigi. Perhatikanlah posisi tidur anda agar abses(timbunan nanah) tak menyebar. Jika terasa sakit atau adanya abses di sebelah kanan, tidurlah miring ke kanan tanpa bantal.



Itulah beberapa cara yg bisa saya berikan untuk pertolongan pertama pada sakit gigi saat bepergian. Tapi ingatlah, setelah sakit hilang dan liburan anda selesai, segeralah pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi yg sakit itu. Agar tidak terulang bahkan meluas daerah sakitnya. Pergi ke dokter gigi untuk menghilangkan sumber sakit gigi itu.


                 Baca Juga :
                                     1. Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah
                                     2. Tindakan pada Gigi Berlubang
                                     3. Mencegah Gigi Berantakan dari Sejak Dini


EmoticonEmoticon