Monday, February 27, 2017

Sakit Gigi dan Mengetahui Kedalaman Lubang pada Gigi

Tapi ingat, cara ini hanyalah trik untuk menjawab cepat, bukan sebuah rumus resmi yang dapat digunakan untuk mejawab soal isian yang diharuskan mencantumkan rumus resmi. Digunakan bila ingin mempercepat mengerjakan soal pilihan ganda terutama saat ujian yang tanpa menyertai



Lubang yang terjadi pada gigi dalam bahasa kedoterannya adalah karies. Itu terjadi karena zat asam yang terbentuk dari campuran sisa makan, air liur, dan bakteri. Gigi yang terkena zat asam itu lama kelamaan akan terkikis dan menjadi berlubang, karena sifat gigi yang tidak tahan dengan asam. Begitulah kira-kira terjadinya lubang pada gigi. Sudah pernahkah anda memiliki gigi berlubang? Dan bagaimana rasa sakit yang anda alami? Dari mengetahui rasa sakit yang kita alami, ternyata kita sudah bisa mengetahui seberapa dalam lubang pada gigi kita. Gigi memilki 3 lapisan, yang terdiri dari email, dentin, dan ruang pulpa, dan masing-masing lapisan akan menimbulkan rasa sakit yang berbeda bila terpapar langsung oleh rangsangan. Rasa sakit akan timbul bila kedalaman lubang mulai mengenai lapisan kedua dan ketiga gigi, yaitu dentin dan ruang pulpa.

2 macam rasa sakit yang timbul saat gigi berlubang :


1. Ngilu


Ngilu adalah rasa sakit yang timbul setelah diberi rangasangan panas atau dingin. Misalnya saat anda minum es, tiba-tiba gigi terasa sakit tapi beberapa saat kemudian hilang dengan sendirinya, itulah yang dimaksud ngilu. Pada tingkatan rasa sakit berupa ngilu, berarti lubang gigi anda sudah mencapai dentin dan telah mengikis habis email. Dentin yang terpapar langsung oleh dingin atau panas, bahkan air saja akan menibulkan rasa ngilu. Pada lubang sedalam ini, segeralah anda ke dokter gigi untuk menambal gigi anda. Karena penambalan pada lubang gigi sedalam dentin, dapat langsung ditambal permanen sekali kunjungan saja. Agar juga lubang pada gigi tidak makin mendalam dan menimbulkan masalah berikutnya.

2. Nyeri


Nyeri adalah rasa sakit yang timbul akibat adanya kerusakan pada jaringan. Misalnya, gigi akan terasa sakit saat dipakai makan dan biasanya akan timbul pada saat akan tidur malam dan saat kelelahan. Lubang gigi ini sudah mengenai ruang pulpa yang didalamnya terdapat saraf-saraf gigi. Rasa nyeri akan timbul saat kelelahan dan akan tidur pada malam hari, mengapa? Saraf memiliki sifat seperti kabel listrik di jalan yang sering kita jumpai. Bila panas akan memuai, dan bila dingin akan menyusut. Nah, begitu juga dengan saraf gigi, pada saat malam saraf akan menyusut, sehingga tekanan darah di dalam saraf akan lebih terasa sehingga menimbulkan rasa nyeri. Pada kedalaman lubang gigi tahap ini, wajib dan harus pergi ke dokter gigi untuk ditambal. Tapi pada tahap ini, tidak bisa dilakukan penambalan permanen sekali kunjungan. Karena akan ada tahap perawatan saluran akar beberapa kali dan barulah dilakukan penambalan permanen. Perawatan saluran akar dilakukan untuk membersihkan bateri dan jaringan saraf yang mati pada ruang pulpa. Bila tidak segera ditambal, sangat besar resiko gigi akan patah dan meninggalkan sisa akar yang tentu akan menimbulkan masalah besar berikutnya.


Itulah sedikit gambarang mengenai hubungan rasa sakit dan kedalam lubang pada gigi. Dengan seperti itu kita bisa mengetahui sendiri seberapa dalam lubang pada gigi kita dan apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah yang akan timbul. Segeralah tambal gigi anda saat lubang masih mengenai dentin, karena lebih menghemat biaya, waktu, dan tidak sampai merusak jaringan saraf pada gigi anda.


EmoticonEmoticon