Monday, February 20, 2017

Mitos Telepon dari Nomer Aneh


Dapat Telepon dari Nomer Aneh ?





Misteri penggilan telepon dari nomer yg tidak dikenal dengan jumlah nomer hanya 5 digit, belakangan ini marak dan menghantui masyarakat. Banyak orang mengatakan bila panggilan dari nomer itu dijawab, dapat menguras data-data ponsel, pulsa, bahkan tabungan yg terhubung dengan ponsel kita. Nomer telepon yg saya jumpai yaitu : +62282 dan +62252 . Cerita dan berita seperti itu sudahkah terbukti? Atau hanya cerita dari beberapa orang dengan tujuan yg tidak kita ketahui? Saya banyak menjumpai di media sosial postingan – postingan seperti itu dan dibubuhi bukti yg belum dapat dipastikan kebenarannya.

Untuk memastikan itu, saya selaku penulis mencoba mencari kebenaran dari mitos itu dan apa yg sebenarnya berada dibalik nomor itu. Seperti yg saya kutip dari liputan6com, pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, tidak benar jika mengangkat telepon dari nomor tersebut, saldo tabungan kalian akan berkurang. Menurutnya, nomor yang banyak dibicarakan orang tersebut sebenarnya adalah milik operator telekomunikasi. "Itu hoax. Karena itu adalah nomor milik operator telekomunikasi, kemungkinan XL. Kalau tidak salah itu (kejadian telepon dari nomor +62282) banyak dialami oleh konsumen XL. Bisa saja nomor telemarketing mereka," jelas Alfons.

Tentu saja tidak semudah itu mencuri atau membobol setiap data yg ada di smartphone hanya melalui panggilan. Apalagi saat ini smartphone memiliki fitur keamanan yg begitu sulit untuk diretas, bahkan dengan cara membongkarnya secara langsung sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan data di dalamnya, bila terenkripsi oleh pengguna aslinya. Mitos mencuri data tabungan juga ditepis begitu juga oleh Alfons, beliau mengatakan "Kalau m-banking tidak sesederhana itu, yang ketika dihubungi lalu tabungan kita langsung dijebol. Terlalu mustahil seperti itu bisa". Namun bila mencuri atau menguras habis pulsa, itu kemungkinan dapat terjadi.

Mengkonfirmasi kebenaran bahwa nomer tersebut dari pihak XL, Public Relations Manager XL, Henry Wijayanto, membenarkan bahwa nomor +62282 adalah untuk salah satu layanan XL. Nomor tersebut bukan untuk menipu dan merugikan konsumennya. "Iya, itu nomor XL untuk layanan magic call. Sudah diinformasikan juga di media sosial," kata Henry.

Jadi dapat disimpulkan berita-berita yg beredar saat ini mengenai penipuan dan pembobolan data melalui panggilan seluler adalah hoax! Namun tetaplah berhati-hati, bila ada nomer yg tidak diketahui dan tidak jelas menelepon, sebaiknya jangan di telepon balik sebab bisa saja pulsa langsung dikuras, seperti kasus-kasus dulu yg pernah terjadi. Dan tetaplah pandai memilah berita-berita saat ini dan pastikan kebenarannya dahulu sebelum anda percaya dan membagikannya.

Terimakasih atas kunjungannya,Lanjut membaca artikel-artikel kesehatan yang ada di blog ini klik demade.id

14 komentar

Lebih bahaya kalau ada telpon dari nomor mantan, dan ngasi kabar kalau mau nikah. Ops

This comment has been removed by the author.

sama mbak, seperti yg tertera pada gambar. Terimakasih atas kunjungannya :)

Kalo no +67570894101 sudah masuk 4x dalam 1hari

untuk nomer itu, sepertinya bukan dari pihak oprator

Aduh saya barusan baru'ditelepon cuman kurang jelas suaranya dia bilang harus tekan no 1 gtu aja gmna ni solusinya

Seperti biasanya, mreka menawarkan produk mreka, seperti nsp, paket murah dll

kemungkinan besar itu pihak operator. Karena untuk saat ini pihak XL mengkonfirmasi nomer yg tersebut di atas

Kemarin saya di telfon dari no 62282. Terus saya baru inget klo no itu. Yg sering di omongin orang. Yg bisa nguras tabungan. Saya cepet2 cek saldo allhandullilah mazi utuh.. Dan hari ino saya di telpon lagi sama nomor 62252.tpi Say mAtiin.

This comment has been removed by a blog administrator.

Tadi malah saya telfon balik.karena saya belum tahu.eh tryata itu modus .apakah membahayakan jika tadi saya telfon balik?

Tidak membahayakan, seperti yang telah dijelaskan di atas dari pihak XL.


EmoticonEmoticon