Wednesday, February 15, 2017

Kode Tahan Air atau Water Resistant pada Jam Tangan

Jam tangan saat ini adalah sebuah kebutuhan yg penting dibawa saat meninggalkan rumah. Selain untuk mengetahui waktu jam tangan juga dapat mendongkrak penampilan agar semakin kece. Di jual berdasarkan merk dan kualitasnya, dan bahkan akan lebih mahal bila jam tangan itu benar - benar tahan air atau yg lebih keren disebut water resistant. Baik tahan air bila dipakai saat mandi, berenang, menyelam dan aktivitas lain yg berkontak langsung dengan air. Tapi tahukah anda jam tangan yg seperti apa yg tahan air? Di setiap jam tangan pasti tercantum water resistant/ non water resistant , atau ada yg mengguna kode-kode sesuai dengan kemampuan tahan airnya. Kode tersebut biasanya ditulis di sekitar permukaan jam atau di bagian belakang. Berikut saya akan jelaskan beberapa kode yg ada.


Kode Water Resistant pada Jam Tangan


ATM = Atmospheres, 1 ATM = 10 Meter 
Klasifikasi : 10 meter bukan kedalaman aktual seperti kedalaman menyelam, tetapi tetap kedap udara sampai tekanan yg setara dengan kedalaman 10 meter. Sederhananya adalah 10 m tekanan air.

1. 3 ATM/100 Feet (WR 30M)


Artinya jam tangan ini mampu bertahan sampai kedalaman 30 meter dengan waktu hanya 90 detik dibawah tekanan atmosphere. Jenis jam ini tahan air untuk aktivitas : percikan air, tetesan air hujan, keringat, uap air, dan terkena air yg tidak memiliki tekanan.

2. 5 ATM/160 Feet (WR 50M)


Sama halnya dengan point pertama dan sebagai pembedanya adalah bagian kedalaman yg mampu dicapai adalah 5 ATM = 50 meter dan sudah dapat digunakan untuk mandi dan terpapar hujan deras secara langsung.


3. 10 ATM/300 Feet (WR 100M)


Tahan air sampai kedalaman 10 ATM = 100 meter. Dan dapat digunakan untuk berenang, snorkling, dan kegiatan olah raga air yg sifatnya rekreasi.


4. 20 ATM/660 Feet (WR 200M)


Tahan air sampai kedalaman 20 ATM = 200 meter. Dapat digunakan untuk kegiatan menyelam yg tanpa menggunakan alat selam, seperti tabung selam, dan alat selam yg dibutuhkan saat menyelam dalam waktu yg lama.


5. 30 ATM/1000 Feet (WR 300M)


Tahan air sampai kedalaman 30 ATM = 300 meter. Jam tangan ini dapat digunakan untuk kegiatan menyelam yg menggunakan alat selam karena dapat bertahan hingga waktu 2 jam. seperti kegiatan scuba diving dan sudah teruji kemampuannya.


6. 50 ATM/1650 Feet ( WR 500M)


Tahan air sampai kedalaman 50 ATM = 500 meter. Tahan air untuk kegiatan menyelam dengan kedalaman sampai 50 meter dengan waktu 2 jam dan sudah di uji kemapuannya.


Jam tangan tidak disarankan digunakan pada saat mandi dan keramas karena bodi jam akan kontak dengan zat kimia yg dapat menyebabkan kerusakan pada bodi jam itu. Dan jangan memutar pengaturan jam atau memencet tombol pada jam saat menyelam karena dapat membuat celah air masuk.

Terimakasih atas kunjungannya,
Lanjut membaca artikel-artikel kesehatan yang ada di blog ini klik demade.id


EmoticonEmoticon