Tuesday, February 28, 2017

Cara Memilih dan Menggunakan Obat Kumur yang Baik

Mulut merupakan organ tubuh yang selalu aktif dan terkontaminasi oleh berbagai jenis makanan. Tak bisa dihindari bila setelah makan mulut akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Untuk mengatasi hal itu, dapat dilakukan dengan menyikat gigi atau dengan berkumur dengan obat kumur. Obat kumur dapat digunakan karena mengandung bahan penyegar yang dapat mencegah bau mulut. Saat ini sudah semakin banyak obat kumur yang beredar di pasaran dengan masing – masing keunggulannya.

Pilih obat kumur yang mana?

Tapi taukah anda cara pemilihan dan penggunaan obat kumur yang tepat, yang tentunya berpengaruh baik bagi mulut? Seperti yang saya dapat kutip di detikhealt, seorang profesor yang bernama drg. Heriandi Sutadi SpKGA(K), PhD mengatakan “Pakai obat kumur harus hati-hati karena ada beberapa yang mengandung alkohol yang tinggi” . Sifat alkohol adalah mengiritasi, seperti pada obat kumur yang saat digunakan menimbulkan sensasi yang munusuk-nusuk dan cenderung keras terasa di dalam mulut, itu berarti obat kumur itu mengandung alkohol yang tinggi dan tidak aman bagi mulut. “Sebaiknya pilihlah obat kumur dengan kandungan bahan alami untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan” sambung drg. Heriandi. Sebaiknya pilih obat kumur tanpa kandungan alkohol atau dengan kandungan alkohol yang sangat sedikit. Untuk pemakaiannya pun sangat tidak dianjurkan seringkali ataupun setiap hari. “Jangan pakai obat kumur setiap hari! Pemakaian obat kumur setiap hari dapat menyebabkan lidah terbakar, kebal, sampai mati rasa”, pesan drg. Heriandi. Selain efek samping yang terjadi pada lidah, juga dapat membuat gigi kering sehingga tumbuh jamur dan membuat rasa yang tidak nyaman di mulut.

Tujuan penggunaan obat kumur sebenarnya adalah untuk membunuh kuman-kuman berbahaya bagi mulut, tapi bila digunakan setiap hari, kuman-kuman baik pun akan ikut terbunuh. Penggunaan obat kumur sebaiknya pada saat kondisi mulut sedang tidak sehat, tapi tidak berkali-kali, cukup sekali saja. Setelah menggunakan obat kumur jangan langsung dibilas dengan air, tapi tunggu beberapa saat, agar zat-zat yang diperlukan tidak langsung larut, barulah berkumur dengan air bersih.

2 komentar

GAn kalo cairan kumur tertelan bahaya gak ya?

Terimakasih atas kunjungannya :D
Tergantung dari banyaknya obat kumur yang tertelan, jika hanya sedikit mungkin tidak menunjukan tanda atau hanya sebatas mual, tapi bila yang tertelan banyak bisa mengakibatkan keracunan


EmoticonEmoticon